Afifuddin saat meninjau pojok pengawasan Bawaslu Minut (Foto : Zan)

bawaslu.minut.go.id, Airmadidi – Disela-sela kesibukan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 Bawaslu Kabupaten Minahasa Utara mendapatkan kunjugngan dari Anggota Bawaslu Republik Indonesia Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Bapak Muhammad Afifuddin, Minggu (26/7/2020).

Pada kesempatan ini, Afifuddin didampingi oleh Karo Teknis Penyelenggaraan Pengawasan Pemilu La Bayoni, Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, Kenly Poluan, Mustarin Humagi, Awaludin Umbola, Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara Aldrin Arthur Christian dan Kasubag Muhammad Ibrahim beserta jajaran staf.

Saat tiba di kantor Bawaslu Minut, Afifuddin dibawa langsung meninjau ruangan pojok pengawasan Bawaslu Minut, setelah itu dilanjutkan dengan ke ruangan kerja tiga Komisioner Bawaslu Minut.

“Luar biasa, ruang kerja tiga pimpinan Bawaslu Minut. Ruang kerja Bawaslu RI kalah,” puji Afifuddin, dikutip dari britamanado.com.

Afifuddin saat berada diruangan tiga pimpinan Bawaslu Minahasa Utara. (Foto : Zan)

Adapun tujuan dari kunjungan ini dalam rangka supervisi pengawasan kesiapan Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota menyambut penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2020 di Provinsi Sulawesi Utara, khususnya di Kabupaten Minahasa Utara.

Dalam arahannya, berterima kasih dan mengapresiasi kepada Bawaslu Minut dan jajarannya yang telah bekerja keras dan berupaya untuk melakukan pengawasan terhadap tahapan pilkada di Minahasa Utara meski dalam kondisi pandemic covid-19.

“Negara kita saat ini sedang mengalami kondisi yang luar biasa dengan adanya pandemic covid-19, maka dari itu teman – teman pimpinan Bawaslu Minut, Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa harus selalu memperhatikan protocol kesehatan yang ada dalam setiap kerja-kerja pengawasan. Jadikan ini sebagai perhatian nomor satu demi menjaga kondisi kesehatan kita.”  Kata Afif.

Selanjutnya Afif juga menekankan penting koordinasi antar pimpinan ditingkatkan karena potensi kerawanan yang ada di Minahasa Utara tinggi.

Afifuddin memberikan arahan terkait perisapan pengawasan tahapan pilkada 2020. (Foto : Zan)

“Dalam rilisan terbaru Indeks Kerawanan Pemilihan yang disesuaikan dengan pandemic covid-19 otomatis kinerja pengawasan kita kali ini bertambah berat. Untuk itu dalam setiap mengambil langkah – langkah strategis diperlukan koordinasi yang intens antar sesama pimpinan kabupaten, dan juga selalu berkonsultasi dengan pimpinan Bawaslu Provinsi.” Tegas Afif.

Supervisi Pimpinan Bawaslu RI kali ini sangat berkesan bagi Bawaslu Kabupaten Minahasa Utara karena ini adalah kunjungan yang pertama kali dan dilakukan saat tahapan yang penting.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pak Kordiv Pengawasan Bawaslu RI Bapak Mochammad Afifuddin atas kunjungan kerjanya di Bawaslu Minahasa Utara, sebuah kebanggaan dan kehormatan, mampir di ruang kerja kami, sambil memberikan dorongan dan motivasi terkait kerja – kerja kelembagaan, terutama menyangkut langkah pencegahan sebagai upaya optimalisasi pengawasan Pilkada 2020.” Ucap Kordiv Pengawasan Bawaslu Minut Rahman Ismail dan diaminkan dua pimpinan lainnya.

Usai pertemuan, rombongan Bawaslu RI, Bawaslu Provinsi, dan Bawaslu Minut mengadakan jamuan makan siang bersama lalu bertolak ke Kota Bitung. (Fz-14)